Friday, September 2, 2016


Cara Mengganti Port SSH Pada Linux



Semakin canggih dunia teknologi semakin marak terjadinya kejahatan di dunia maya atau cyber crime, ssh sendiri contohnya. Banyak orang yang tidak di inginkan memanfaatkan situasi untuk masuk kedalam ssh seseorang, pada linux sendiri secara default ssh berperan dalam port 22.


A. Pengertian 
Apa itu Port ? Port adalah mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP. Sehingga, port juga mengidentifikasikan sebuah proses tertentu di mana sebuah server dapat memberikan sebuah layanan kepada klien atau bagaimana sebuah klien dapat mengakses sebuah layanan yang ada dalam server. Port dapat dikenali dengan angka 16-bit (dua byte) yang disebut dengan Port Number dan diklasifikasikan dengan jenis protokol transport apa yang digunakan, ke dalam Port TCP dan Port UDP. Karena memiliki angka 16-bit, maka total maksimum jumlah port untuk setiap protokol transport yang digunakan adalah 65536 buah. 


B. Latar Belakang
Penggantian port dapat menghalau attacker ssh.


C. Maksud Dan Tujuan
Menghindarkan server linux anda dari usaha brute force password root. Jika anda masih menggunakan password root maka langkah mengganti port 22 pada ssh sangat di anjurkan, jika masih dibiarkan maka akan jebol juga user dan password administrator root server Linux tersebut. 


D. Tahap Pelaksanaan
  • Silahkan anda masuk terlebih dahulu ke root server.



  • Lalu coba anda ketikkan perintah di bawah untuk mengedit port default
 nano /etc/ssh/sshd_config


  •  Disini anda harus mencari baris ke lima yang bertuliskan port 22 lalu silahkan anda edit tulisan 22 , misalkan saya mengedit port 22 menjadi port 432 , jika sudah klik Ctrl+X  Y lalu enter.


  • Setelah itu restart service ssh dengan perintah di bawah
/etc/init.d/ssh restart

  •  Nah sekarang coba anda masuk kembali pada port 22 , misalkan tadi yang saya ganti menjadi port 432 .
ssh root@192.168.133.1 -22

  • Maka jika sukses port 22 yang kita masuki akan gagal seperti gambar di  bawah.


E. Hasil Yang Di Dapatkan
Jika seseorang tak di inginkan melakukan ssh dan pada dasarnya ssh memiliki posisi port 22 sudah di pastikan port yang kita ganti tidak akan di ketahui oleh orang lain.


F. Kesimpulan
Menjaga port ssh agar terhindar dari seseorang yang tidak di inginkan yang berusaha masuk ke port 22.



G. Refrensi 
- Wikipedia
- servernesia.com 
 


 

0 comments:

Total Pageviews

Blog Archive

Popular Posts