Wednesday, September 14, 2016


 Cara Install Dan Konfigurasi The Dude Monitoring


Oke bertemu dengan saya lagi admin blog ini, kali ini saya akan membahas tentang The Dude. Apa itu The Dude ? kita baca selengkapnya pada penjelasan di bawah.

A. Pengertian
Apa sih itu The Dude ? The Dude adalah software gratis dari MikroTik yang secara otomatis dapat meningkatkan cara Anda mengelola lingkungan jaringan Anda. Dan akan memindai semua perangkat dalam subnet tertentu menarik pada tata letak peta jaringan anda, memonitor layanan perangkat anda dan melakukan tindakan berdasarkan perubahan status perangkat. Anda tidak hanya dapat memantau mikrotik anda, anda juga dapat mengatur perangkat anda. Massa meng-upgrade perangkat RouterOS, mengkonfigurasi langsung dari dalam secara antarmuka menggunakan Dude, alat monitor menjalankan jaringan dan lai-lain.   


B. Latar Belakang
Hal yang melatar belakangi saya dalam menginstall the dude adalah mencoba memonitor aktifitas dalam sebuah jaringan local yang sedang saya kelola pada server.


C. Maksud Dan Tujuan
Maksud saya dalam menginstall the dude sendiri untuk memonitor dan bertujuan jika ada kesempatan saya akan membuat topologi server saya.


D. Tahap Pelaksanaan


  • Pertama anda harus mendownload the dude terlebih dahulu disini
  • Setelah terdownload filenya kita masuk tahap instalasi, tahap instalasinya sangatlah mudah. Karena format file exe kita jalankan menggunakan wine program loader.
  • Untuk instalasi pertama kita klik "i agree"
  • Masuk di sini biarkan centang jangan di rubah klik next.                          
     
  • Ini adalah posisi data instalasi saya memilih default, anda bisa merubah posisi instalasi sesuka anda misalkan di disk yang lain.                             
     
  • Kita buat bahasa secara default saja klik "ok"                                          
     
  • Setelah proses instalasi selesai kita klik pada bagian local lalu discover.    

  • Nah , pada bagian ini anda harus merubah bagian agent dari default menjadi server jika sudah klik discover.                                                                                                        

  • Kita tinggal menunggu proses scan discover yang sedang berjalan seperti gambar di bawah.              

  • Setelah proses scan selesai pastikan anda menemukan tanda connected pada bagian bawah seperti gambar yang saya beri tanda.                          
  • Selanjutnya masuk buttom admin lalu files untuk kita cek isi pada data files.

Kurang lebih seperti gambar di bawah saat masuk pada data files



Nah, konfigurasi sudah selesai. The Dude ini sendiri memiliki fungsi selain memonitor server melainkan anda bisa membuat topologi pada sistemnya, mungkin jika ada kesempatan saya akan membuat topologi.


E. Hasil Yang Di Dapatkan
Dengan softaware ini memudahkan saya dalam memonitoring server saya dan bukan hanya dapat memonitoring namun the dude ini memudahkan pengguna dalam membuat topologi di dalamnya.


F. Refrensi 
Wiki.Mikrotik.com 
mikrotikindo.blogspot.com 

0 comments:

Total Pageviews

Blog Archive

Popular Posts