Thursday, July 28, 2016


Mengatasi dpkg: Status Database Area Is Locked By Another Process


muncul pesan di terminal dpkg: Status Database Area Is Locked By Another Process ? pesan seperti ini pernah saya alami saat saya sedang menginstall sebuah paket di debian server . Karena saat pengintstalan paket terlalu lama dan saya memutuskan untuk menekan Ctrl+z lalu ingin mengulangi penginstalan paket namun tak di sangka mulcul pesan dpkg: Status Database Area Is Locked.

Lalu saya mencoba mencari di search engine dan bertanya tanya di forum saya menemukan jalan keluarnya , Dengan perintah terminal di bawah :


sudo rm /var/lib/dpkg/lock
sudo rm /var/cache/apt/archives/lock


Masukkan kedua perintah di atas dan coba install lagi paket yang ingin anda install dan lihat masih muncul atau tidak .




Nb : Untuk Debian tanpa "sudo"

0 comments:

Total Pageviews

Popular Posts