Thursday, July 21, 2016


Konfigurasi NTP Server Di Debian Server



NTP adalah singkatan dari Network Time Protocol, sebuah protocol untuk mengsinkronkan sistem waktu pada komputer terhadap sumber secara akurat, melalui jaringan intranet atau internet. Sedangkan NTP Server sendiri adalah sebuah server yang mensinkronkan waktunya terhadap sumber waktu akurat, dan mentransmisikan paket informasi waktu kepada komputer client yang meminta.

NTP ini sangat bermanfaat sekali misalnya jika ada tugas sekolah dari guru , murid harus mengumpulkan tugas dalam bentuk email ke server sebelum jam 9 jika sudah lewat batas jam itu maka email akan di reject secara otomatis .


sebelum itu install ntp (server) dan ntpdate (client) dengan perintah di bawah :
 apt-get install ntp ntpdate


Jika install selesai edit file /etc/ntp.conf dengan perintah
nano /etc/ntp.conf


Di sini anda harus mencari baris server 0.de untuk mencari tekan Ctrl+w lalu copy tulisan server 0.de jika sudah maka pencarian akan tampil gambar seperti di bawah .


Lalu beri tanda " # " pada server 0 hingga 3 jika sudah tambahkan baris lagi di bawah server 3 yaitu server 127.127.1.0 sehingga seperti gambar di bawah .


Nah , Di sini anda harus mencari baris lagi sama seperti tadi tekan Ctrl+W lalu paste restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255.0 notrust jika sudah ketemu hapus  tanda " # " lalu ubah menjadi misalnya milik saya , saya ubah menjadi restrict 192.168.120.10 mask255.255.255.0 nomodify notrap maka tampilan akan seperti di bawah .






Selanjutnya menekan Ctrl+X tekan Y lalu Enter

Setelah itu anda restart service ntp dengan perintah
service ntp restart


Lalu cek ntp-server sudah bekerja baik apa belum dengan perintah
ntpq -p


 Jika pada bagian jitter bernilai 0.001 atai 0.000 berarti sudah benar , Jika belum periksa kembali file ntp.conf dengan perintah
~#


lalu coba test kembali dengan perintah
ntpdate -u 127.0.0.1





Oke jika ada masalah jangan sungkan berkomentar ..

0 comments:

Total Pageviews

Popular Posts