Sunday, July 24, 2016


Konfigurasi Web Mail Server Di Debian Server



Pada postingan sebelumnya yaitu Konfigurasi Mail Server Di Debian Server , perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwa Webmail itu berbeda dengan Mail. Webmail hanyalah merupakan frontend dari Mail. Inti mekanismenya sebenarnya terdapat pada Mail Server, bukan pada Webmail Servernya. Karena tujuan Webmail hanya untuk memudahkan user dalam mengakses Mail Server tersebut. Seperti halnya sebuah Bank, apabila kalian ingin mengirim uang bukankah jauh lebih mudah dan praktis jika kalian mengirim uang melalui ATM daripada harus mengirim uang dari pusat Bank nya langsung? Akan tetapi, tanpa sebuah Bank, ATM tidak akan ada gunanya, sebaliknya tanpa ATM, Bank tetap akan dapat berfungsi dengan normal. Begitu pula dengan Mail dan Webmail, tanpa adanya Mail Server, Webmail Server tidak akan ada gunanya. Akan tetapi jika Mail Server tanpa Webmail Server, Mail Server tersebut tetap dapat bekerja sebagaimana biasa. Beberapa contoh Webmail yang terkenal adalah Squirrelmail, Zimbra, dan Roundcube.

Kali ini saya akan menggunakan Squirrelmail untuk pengintsallan ikuti cara di bawah :
apt-get install squirrelmail
Setelah terinstall squirrelmail dan apache2 terkait sesama layanan yang berbasis web include ,selanjutnya mengedit file apache2.conf dengan perintah
nano /etc/apache2/apache2.conf


Lalu tambahkan baris Include "/etc/squirrelmail/apache.conf" seperti di bawah

 Tekan Ctrl+x Y lalu Enter



Selanjutnya merestart service apache2 dengan perintah
service apache2 restart


Agar squirrelmail dapat di buka di web browser dengan membuat shortcut atau symbolic dari folder /usr/share/squirrelmail ke /var/www dengan perintah .
ln -s /usr/share/squirrel/ /var/www/mail


Lalu coba anda buka browser ketik di url ip milik anda, Misalnya milik saya
http://192.168.120.10/squirrelmail atau faisal.id/mail lalu tampilan akan seperti di bawah .





Lalu anda login dengan salah satu user yang anda buat pada saat postingan saya sebelumnya , Potingan sebelumnya Konfigurasi Mail Server Di Debian Server





Jika sudah masuk klik Compose seperti gambar di bawah.
 




Coba kirim pesan seperti gambar di bawah untuk pengecekan.





Jika sudah di sent emailnya logout dan login kembali di user yang satunya untuk memastikan apakah email sudah masuk apa belum.











Nah sampai di sini sudah selesai tentang tutorail Konfigurasi Web Mail Server Di Debian Server jika ada kesulitan atau kejanggalan jangan sungkan untuk berkomentar.





Sekian semoga bermanfaat ..

0 comments:

Total Pageviews

Popular Posts