Wednesday, August 31, 2016


Pengertian Dan Mengenal Apa Itu IPTables




A. Pengertian
Apa itu IPTables ? IPTables adalah tools atau alat yang di gunakan pada sistem operasi linux dan berfungsi sebagai alat untuk melakukan penyaringan atau filter terhadap lalulintas atau traffic data dalam sebuah server, Secara sederhana digambarkan sebagai pengatur lalulintas data. Inti dari iptables adalah suatu firewall yang membatasi sebuah lalu lintas dari keluar dan masuk ataupun sekedar mengawasi traffic yang melewati komputer kita. Firewall sendiri adalah suatu dinding pembatas yang bertujuan melindungi suatu sistem jaringan.

Untuk mengatur firewall pada linux kita harus menggunakan netfilter, Apa itu netfilter ? Netfilter adalah framework yang menyediakan cara untuk memanipulasi paket-paket network lewat kernel Linux. Sedangkan iptables adalah utility yang digunakan untuk mengatur hal tersebut.


B. Latar Belakang
IPTables lebih baik di install pada sebuah server agar aman dari serangan luar.


C. Maksud Dan Tujuan
Penginstallan IPTables pada sebuah server intinya dinding pembatas yang dapat mengamankan dari serangan luar , ibaratnya jika rumah memiliki sebuah pintu dan terkunci rapat saat pemilik rumah pergi bisa di pastikan orang luar tidak akan masuk sembarangan.


D. Tahap Pelaksanaan


Berikut definisi dari masing-masing titik dari diagram tersebut :
  1. PREROUTING : Titik dimana kita bisa memanipulasi paket network sebelum memasuki keputusan routing, apakah ia akan masuk ke dalam Linux kita atau cuma sekedar lewat.
  2. INPUT : Titik dimana kita bisa melakukan pemeriksaan terhadap paket network yang akan masuk ke dalam linux kita.
  3. OUTPUT : Titik paket dikirim dari mesin itu sendiri akan menlakukan pemeriksaan terhadap linux ketika keluar sebelum routing. 
  4. FORWARD : Titik dimana kita melakukan pemeriksaan terhadap paket network yang hanya menumpang terhadap linux kita.
  5. POSTROUTING : Titik dimana kita bisa melakukan manipulasi terhadap paket yang akan keluar dari Linux kita.
Dari titik rantai atau chain di atas memiliki syntax iptable dan untuk titik yang berwarna di sebut table, Apa itu table ? Table adalah tempat rule-rule atau aturan yang kita buat dan disimpan. Ada 3 buah table, secara general dapat
kita definisikan :
  • Table filter merupakan tempat rule-rule yang berkaitan dengan boleh atau tidaknya suatu paket network melewati sebuah chain di atas.
  • Table nat adalah singkatan dari Network Address Translation, yaitu table tempat rule-rule yang berkaitan dengan manipulasi suatu paket network ketika melewati chain prerouting, postrouting, dan output.
  • Table mangle sendiri adalah tempat rule berkaitan dengan network untuk keperluan advance, seperti QOS (quality of service), packet marking, dan lain-lain.
Sudah cukup sampai disini penjelasan tentang IPTables semoga artikel di atas bermanfaat bagi anda.



E. Refrensi :
-Blog Lautan Kupu-kupu
-Wikipedia           















       

    0 comments:

    Total Pageviews

    Popular Posts